Sistematika Makalah

Sistematika Penulisan Makalah yang Baik dan Benar

abdulrahman.std.uinmataram.ac.id Novan dalam https://satujam.com/sistematika-penulisan-makalah/ mengungkapkan, Menulis makalah adalah suatu hal yang tidak asing lagi untuk kamu para pelajar ( Mahasiswa). cepat atau lambat, kamu pasti akan diberikan tugas untuk membuat sebuah makalah. Tentu saja hal ini perlu memperhatikan beberapa aspek, sehingga makalah yang kamu buat terkesan tidak asal-asalan, dan mendapatkan nilai yang baik oleh pengoreksi.

Masih banyak yang belum tahu secara jelas sistematika penulisan makalah yang baik dan benar. Dalam penulisan makalah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di dalam penulisan makalah, berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat masalah:

Format Penulisan Makalah

Ketika kamu menulis makalah, terdapat berbagai macam hal yang perlu disesuaikan dengan cara penulisan yang tepat supaya makalah dapat terlihat menarik dan mudah untuk dipahami. Hal-hal tersebut di antaranya:

Ukuran Huruf dan Font

Di dalam penulisan makalah, pemilihan font adalah salah satu hal yang tidak boleh asal-asalan. Dianjurkan memilih font yang mudah untuk di baca, dan tidak terlalu banyak model goresan seperti kaligrafi. Cukuplah menggunakan font dengan garis tegas, dan sesuai dengan standar font pada umumnya.

Biasanya, font yang digunakan dalam penulisan makalah adalah Times New Roman dengan ukuran standar 12 pt. Sedangkan untuk ukuran covernya, dapat disesuaikan, dan terlihat serasi dan menarik, sehingga tidak ada kerancuan di dalamnya.

Spasi

Spasi adalah jarak antar kata di dalam sebuah tulisan. Spasi ini harus disesuaikan dengan font, dan ukuran font yang dipilih, sehingga pembaca makalah bisa dengan nyaman membacanya dan enak dilihat oleh mata.

Pemilihan jarak atau spasi untuk makalah pada umumnya adalah 1.5, tetapi ada beberapa yang berbeda di mana biasanya menggunakan 2 spasi. Yaitu seperti dalam pembuatan karya tulis ilmiah.

Pengaturan Paragraf

Pada umumnya, pemilihan pengaturan paragraf yang digunakan pada penulisan makalah ataupun karya tulis ilmiah adalah rata kanan-kiri. Dengan gaya paragraf semacam ini, maka tulisan akan tampak lebih rapi dibandingkan menggunakan rata kiri.

Dengan pemilihan paragraf rata kanan dan kiri, maka tulisan akan tampak lebih tertata dan terlihat lebuh teratur, sehingga nila estetika suatu karya makalah-pun mendapatkan nilai + di mata pengkoreksi makalah.

Nomor Halaman

Penulisan nomor halaman sebenarnya bukanlah suatau hal yang wajib dicantumkan di dalam pembuatan makalah. Tetapi, terkadang nomor halaman ini akan terasa penting ketika kamu membuat sebuah makalah dengan materi yang banyak.

Penjilidan yang semakin tebal, akan mempersulit seseorang untuk membuat sebuah bab, apabila tidak diberikan nomor halaman pada makalah atau karya tulis ilmiah. Penulisan nomor halaman sendiri pada umumnya diletakan pada bagian bawah sebelah kanan halaman.

Pengaturan Margin

Yang dinamakan margin adalah jarak antara batas kertas dengan awal penulisan. Pengaturan margin yang digunakan pada makalah pada umumnya adalah sebagai berikut:

Untuk pengaturan margin pada halaman pembuka bab seperti halaman Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III dan selanjutnya, maka menggunakan margin berikut ini:

top: 5 cm

right: 3 cm

bottom: 3 cm

Left: 4 cm.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat, bahwa pengunaan margin tersebut cukup hanya digunakan pada 1 halaman saja yaitu pada halaman yang telah disebutkan sebagaimana diatas. Sedangkan untuk margin pada halaman biasa (bukan pembuka Bab) maka menggunakan margin yang berbeda, yaitu:

top: 3 cm

right: 3 cm

bottom: 3 cm

Left: 4 cm.

Penggunaan margin ini mempunyai tujuan untuk membuat halaman tampak lebih rapi dan lebih enak dilihat. Oleh karena itu kamu perlu memahami pada pengaturan bagian margin ini. Apabila kamu sudah memahaminya, maka mari kita lanjutkan penjelasan berikutnya mengenai sistematika penulisan makalah.

Sistematika Penulisan Makalah

Di bawah ini adalah sitematika penulisan makalah yang baik dan benar, yang bisa kamu jadikan referensi dalam pembuatan makalah untuk kamu nantinya:

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

HALAMAN KATA PENGANTAR

HALAMAN DAFTAR ISI

HALAMAN DAFTAR GAMBAR/GRAFIK

BAB I : PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Penulisan Latar belakang pada umumnya adalah penulisan yang berupa hal-hal yang melatar telah belakangi kenapa Karya Tulis tersebut ditulis.

1.2. Tujuan

Tujuan bermaksud menjelaskan apa maksud atau tujuan dari penulisan karya tulis tersebut. Apakah tujuannya untuk informasi secara umum, atau pengutaraan sebuah gagasan, atau pemaparan dari kumpulan-kumpulan fakta-fakta yang sudah kita himpun sebelumnya.

1.3. Permasalahan

Permasalah berisi tentang beberapa hal atau masalah yang nantinya akan dibahas pada karya tulis tersebut secara lebih mendalam.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Tinjauan pustaka berisi mengenai peninjauan dari poin-poin penting yang menjadi topik permasalah di dalam karya tulis tersebut. Tinjauan pustaka ini nantinya akan berguna untuk mereview masalah-masalah yang mempunyai keterkaitan dengan topik permasalahan.

BAB III : PEMBAHASAN

Pembahasan berisi tentang data-data hasil dari penelitian yang diperoleh dari hasil kuisioner ataupun data tertulis yang diambil dari instansi-instansi yang bersangkutan.

BAB IV : PENUTUP

4.1. Kesimpulan

Kesimpulan yaitu rangkuman dari poin-poin penting yang termaktub di dalam isi makalah yang telah di bahas secara panjang lebar. Kesimpulan ini harus memiliki makna yang jelas, sehingga pembaca makalah dapat dengan baik menerapkan apa-apa nilai positif yang bisa diambil dari sebuah kesimpulan yang telah dihasilkan dari makalah kamu.

Tentu hal ini juga akan membuat makalah kita menjadi lebih bermanfaat. Terlebih apabila di dalam tersebut terdapat sebuah hal yang menarik, maka bukan tidak mungkin akan banyak orang yang berminat untuk membacanya dan mengambil pelajaran dari makalah yang sudah kitsa buat.

4.2. Saran

Penulisan saran ini berisi tentang permintaan atau masukan dari penulis kepada pembaca, seperti meminta untuk melengkapi hasil penelitiannya atau mungkin bisa juga permintaan untuk memperbaiki apabila ditemukan indikasi kesalahan atau memberi masukan agar penulis memperbaikinya.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang menunjukkan kumpulan dari sumber-sumber naskah dengan menunjukkan penulis dari sumber karya tulis tersebut. Sumber dari data-data tersebut ditulis secara rinci, hingga tak tertinggal satupun.

Pemilihan sumber referensi tersebut bisa diambil dari hasil baik karya ilmiah, ataupun hasil opini dari karya tulis seseorang. Di dalam penulisannya, daftar pustaka haruslah mengikuti kaidah penulisan yang baik dan benar sebagaimana yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

LAMPIRAN

Lampiran berisi mengenai perihal data-data hasil dari pengolahan data baik berupa tabel, grafik, gambar dan lain sebagainya. Lampiran juga bisa diisi dengan gambar atau foto kegiatan penulis dalam merampungkan makalah atau karya tulis yang sudah dibuat.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Sistematika Penulisan Makalah yang baik dan benar, sehingga dapat kamu jadikan referensi untuk kamu yang hendak menulis makalah. Dan menjadi pembelajaran untuk kamu yang belum paham. Semoga dapat bermanfaat, dan selalulah bersemangat. by : Novan


Sumber :

https://satujam.com/sistematika-penulisan-makalah/